Asal-Usul Nama Makam Kapal Bosok - Petir Fenomenal
Headlines News :
Home » » Asal-Usul Nama Makam Kapal Bosok

Asal-Usul Nama Makam Kapal Bosok

Ditulis Oleh Joy Johari pada Sabtu, 05 Januari 2013 | 02.40



Asal-Usul Kapal Bosok

Asal usul kapal bosok. Tentang nama kapal bosok bagi orang-orang di sekitarnya tidak asing lagi, walaupun mungkin tidak semua dari mereka tahu bagaimana asal-usulnya nama tersebut. 

Nama kapal bosok adalah suatu nama yang menunjuk kepada sebuah makam yang di dalamnya terdapat kuburan seseorang yang terkenal karena kesaktiannya, yaitu KiAngga Derepa. Lalu apa hubungannya Ki Angga Derepa dengan nama kapal bosok ini? Berikut ini uraian singkatnya yang saya peroleh dari cerita-cerita orang-orang tua terdahulu.

Pada jaman kesultanan Banten, hidup seorang yang sakti namanya Angga Derepa. Angga Derepa yang kemudian dipanggil oleh kebanyakan orang Ki Angga Derepa, cukup dekat dan dikenal oleh kalangan kesultanan termasuk Sultan sendiri. Namun sayangnya, sumber cerita ini tidak bisa menyebutkan persis waktu itu sultannya siapa. Tapi siapakah Ki Angga Derepa? Sumber menceritakan bahwa dia orang asal Curug Kota Serang – Banten. Keturunannya sampai sekarang masih banyak. Bahkan sumber sempat bilang bahwa orang tua Penulis pun dari garis ayah masih ada garis keturunan, kalau diurut entah keturunan yang ke berapalah, entahlah !

Suatu ketika, Sultan akan mengadakan kenduri (selamatan) pernikahan putrinya. Untuk keperluan itu, dibutuhkan kayu bakar untuk memasak sebagaimana orang hajatan. Salah satu orang yang diminta untuk mengirimi kayu bakar tersebut adalah Ki Angga Derepa. Kia Angga Derepa tentu saja menyanggupinya, namanya juga Sultan, pasti semua rakyatnya segan dan menghormatinya.

Selamatan di kesultanan Banten sedang berlangsung, Ki Angga Derepa datang membawa kayu bakar pesanan Sultan. Namun entah ada reserve apa, Ki Angga Dereva bukan membawa kayu bakar hasil kapakan, tetapi ia membawa sebatang pohon kayu besar langsung ditarik dengan menggunakan pundaknya sendiri. Karena kesaktiannya, ia mampu mencabut sebatang pohon besar kemudian langsung dibawa ke rumah Sultan. 

Rupanya Ki Angga Derepa tidak tahu bahwa di pohon yang ia cabut untuk Sultan itu ada prungpungnya (suatu lubang pada batang pohon karena keropos, atau akibat hama pohon). Di lubang prungpung tersebut ada harimaunya (dijadikan tempat sembunyi seekor harimau). Sehingga begitu pohon itu di jatuhakn oleh Ki Angga Derepa, macan/harimau tadi keluar dan masuk kedalam kerumunan orang banyak dan tamu yang sedang merayakan kenduri putri Sultan. Bisa dibayangkan, betapa kacau balaunya acara tersebut gara-gara Ki Angga Derepa.

Sultan murka, kemudian memanggil para prajurit kesultanan untuk menangkap Ki Angga Derepa. Ki Angga Derepa dianggap subversi kali ya, atau terorislah kalau jaman sekarang !

Ditangkaplah Ki Angga Derepa dan sesuai perintah Sultan, Ki Angga Derepa dihukum dengan cara didadung (diikat) di kapal laut. Lalu ditinggalkan. Dengan kesaktiannya, Ki Angga Derepa akhirnya menarik kapal tersebut sampai tiba dan terdampar di Kampung Darangong Desa Curugmanis Kecamatan Curug Kota Serang Propinsi Banten. Kapal itu dibiarkan di situ sampai akhirnya membusuk karena dimakan waktu. Ketika Ki Angga Derepa meninggal, ia dimakamkan di tempat tersebut. Oleh karena itu tempat itu disebut makam KAPAL BOSOK. Kata bosok itu sendiri artinya busuk (bosok : Jawa). Sampai sekarang tempat itu terkenal dengan sebutan kapal bosok, dan menjadi tempat pemakaman keluarga. Setiap disebut nama kapal bosok, bagi orang yang mengetahui riwayatnya, pasti terpikir dalam benaknya nama Ki Angga Derepa.

Cerita Mistis Kapal Bosok

Makam kapal bosok dari dahulu sampai sekarang dianggap keramat oleh sebagian orang. Banyak orang-orang yang datang dan bertapa di situ atau sekedar ziarah mengharap karomahnya. Konon katanya (saya belum pernah survey) hampir setiap malam Jumat selalu ada orang yang menziarahi makam Ki Angga Derepa. Bagi yang berdzikir (mengamalkan sesuatu) pada waktu malam hari di makam Ki Angga Derepa akan diberi benda mistik seperti, batu, cincin, keris kecil, dan sebagainya.

Penulis pernah punya tamu dari Jakarta. Dalam jeda obrolan tiba-tiba Dia menanyakan lokasi makam kapal bosok Ki Angga Derepa kepada saya. Sebelum saya jawab, saya balik tanya. Dari mana abang tahu tentang makam Ki Angga Derepa itu? Dia menceritakan bahwa mendengar tempat itu dari ayahnya. Ketika ayahnya naik pesawat terbang, dan ketika melintas di sekitar kawasan makam Ki Angga Derepa itu, ayahnya melihat ke bawah nampak ada lautan luas. Dari rasa heran, akhirnya ayahnya mengunjungi tempat itu dengan menggunakan mobil dari Jakarta. Ternyata tidak ada laut. Penasaran, ayahnya bertanya kepada penduduk setempat tentang tempat yang pernah ia lalui ketika di pesawat.

Sebelum artikel ini ditulis (langsung update), 3 hari yang lalu Penulis habis ketemu teman lama di daerah tidak jauh dari makam Ki Angga Derepa (kapal bosok), ia sempat cerita bahwa temannya dari Garut masih aktif mendatangi tempat itu sampai sekarang untuk mencari karomah (berziarah/wiridan).

Lokasi Makam Kapal Bosok

Makam Kapal Bosok ini bentuknya sebagaimana makam di perkampungan, berbentuk hutan dengan sedikit pohon besar. Sayang, Penulis menulis artikel ini mendadak, sehingga tidak sempat mengambil gambarnya dahulu. Tapi Insya Allah, kapan-kapan akan saya posting gambar lokasi makam Ki Angga Derepa itu di sini.
Lokasi Makam Kapal Bosok ini tepatnya di Kampung Darangong Desa Curugmanis Kecamatan Curug Kota Serang-Banten. Kalau ditempuh dari Jakarta : jurusan Serang menuju jalan ke KP3B (Kawasan Pusat Pemerintahan Propinsi Banten). Sebelum KP3B ada lampu merah (Prapatan Boru), dari situ menuju ke arah Kecamatan Curug (2,5 Km). Dari kantor kecamatan Curug, menuju ke arah timur lebih kurang 4 km ke lokasi. 

Demikian artikel ini semoga ada manfaatnya, terutama buat anak-anak muda dan anak cucu yang berada di sekitar lokasi. Sehingga dengan adanya artikel ini tidak usah bertanya kepada orang nyata, tapi cukup bertanya kepada orang maya yaitu Mbah Google.
Share this article :

Diposting Oleh : Joy Johari ~ http://petir-fenomenal.blogspot.com/

Artikel Asal-Usul Nama Makam Kapal Bosok ini diposting oleh Joy Johari pada hari Sabtu, 05 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Asal-Usul Nama Makam Kapal Bosok ini bermanfaat.

Silahkan Klik Untuk Memasang Widget Ini!

26 komentar:

  1. wehh ane kira asal-usul besek bosok bang :D hhaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru, ini ditulis gara2 terinspirasi dari membaca kata Besek "Bosok". Heheh... makasih kunjungannya

      Hapus
  2. WAH CERITA MANTAP NE,,KEBETULAN SKRIPSI ANE JUGA MENGANGKAT SEJARAH ASAL-USUL KAPAL BOSOK....YANG LENGKAP ADA BOS DI SKRIPSI ANE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, ya...maaf kalau ceritanya tdk sesuai masalahnya ada 2 versi. Kalau memungkinkan boleh tuh share via email Pak !

      Hapus
  3. Wey uyut aing eta ulah lalaora bae.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didinya Cucunya Ki Angga Dereva dari jalur wong Sunda nya? Sunda Baduy....xixixix...

      Hapus
  4. hahahaha uyut saya terkenal juga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan posting ini adalah: cerita tentang makam kapal bosok agar sampai kapan pun tetap diketahui anak cucu kita turun-temurun. Saya yakin pasti puluhan atau ratusan tahun yg akan datang tatkala kita semua sdh tiada, ada anak cucu kita yg searching via google.

      Hapus
  5. Makasih gan infonya,,menarij untuk di simak dan saya tidak segan berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  6. kih kita cucu ne ki buyut abang

    BalasHapus
    Balasan
    1. makam ki buyut abang iku ningndi, apa kepadan aran karo ki angga dereva?

      Hapus
    2. ki Angga Derepa nama aslinya siapa ? saya yakin itu bukan nama aslinya !

      Hapus
    3. Belum mendpatkan info yang jelas, orang tuaku tidak menjelaskan, nanti kita cari ya...

      Hapus
    4. Saya tau nma aslinya ki angga derpa krna saya kturunan yg k7.

      Hapus
  7. Sy keturunan ki angga dereva tinggal di kp.keragilan..ini ada cerita sedikit waktu sy masih kecil sy tinggal dikmp keragilan setiap malam jumat bapa sy atau klu sy panggil abah selalu rutin jiarah kekapal bosok masalahnya klu ga jiarah imbasnya ke sy klu ga ke adik sy.sy dikasih sakit telinga luar biasa sakitnya kalu ga adik sy dikasih sakit perut.dan apabila udah jiarah pasti lngsung sembuh minum air dri kapal bosok.ga tau ini kebetulan apa emang ada karomah nya yg jelas sy sering membuktikanya .sy lahir dikeragilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut keyakinan orang-orang dinyatakan bhw Kiangga Derepa memang berkaromah, wajar ia beliau sbg seorang zuhud dan sakti

      Hapus
  8. kule wong banten,tapi embekan uning penziarahan kapal bosok...mangkane kule meluncur neng google search ,mengkin amun balik kamoung insa Allah ziarah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggih, seniki sampun dipugar klayan wenten bangunan khusus berbentuk kapal, nyangkin rame diunjungi penziarah.

      Hapus
  9. Ko sya bca ini artikel ini.. Versi sjarahnya bda... Lw bca d stus lain. Kta y ngmbil hrta yg di bwa olh blnda fi kpal. Lalu kpal di seret.. Ki angga di sruh sultan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang, cerita ttg makam kapal Bosok ini versinya tdk hanya satu versi, ada yang lain. Saya menulis cerita itu sebelum mengetahui versi lainnya. Namun saya tetap belum bisa menetapkan versi mana yang benar dikarenakan belum adanya sumber yang benar-benar dpt dipertanggungjawabkan. Tapi boleh jadi yang benar adalah versi yang berhubungan dengan Belanda (kompeni).

      Hapus
  10. Itu kapal aslinya ada di belah mana nya gan.ane kesana tpi gk nemu kapal asli nya yg ditarik ki angga'derepa.klo masih ada info posisi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, justru itu, Kapal Bosok atau kapal yang membusuk tertimbun di dalam tanah itu katanya ada di sekitar kuburannya itu, tapi tak pernah ada yang berupaya menggali keberadaannya sehingga fakta tsb dpt dipertanggungjawabkan, kebanyakan orang terdahulu bilang kapal tsb membusuk karena memang kapalnya kapal kayu. Tapi ada juga yang bilang bhw pernah ditemukan beberapa sisa-sisa besi bekas kapal dari dalam tanah.

      Hapus
    2. Sya tau cerita ni yg psti brhubungan dgn blanda..tv ciri ad 1 besi tiang kpal..yg mnancap d tanh..

      Hapus
  11. Wah seru yah.kita geh wong pontang.tp nembeke weruh.trs langaung jiyarah

    BalasHapus
  12. Bro saya share artikel'y di Kaskus ya

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !

http://petir-fenomenal.blogspot.com/p/pesan-kalakat-dimsum-serang.html
Banner santri

HIKMAH

Artikel Paling Sering Dibaca Pengunjung

Recommended Post Slide Out For Blogger

Total Tayangan Halaman

Komentar Teranyar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Petir Fenomenal - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Redesign by Petir Fenomenal